SeABank menyiapkan rancangan perniagaan 2023: pertumbuhan CASA ketara, NPL dikawal

(SeaPRwire) –   Tenggara Asia Commercial Joint Stock Bank (, kod saham: SSB) mengumumkan hasil perniagaan 2023 dengan pertumbuhan yang signifikan: CASA meningkat menjadi 11,5%; Peningkatan bersih utang terhutang dan mobilisasi masing-masing naik 16,76% dan 25,35% tahun ke tahun; NPL dikendalikan pada 1,94%; EBT mencapai lebih dari US$189.4 juta.

HANOI, Vietnam, 7 Februari 2024 — Mengingat konteks ekonomi yang tidak stabil global dan domestik, hasil ini menyiratkan transformasi bisnis SeABank yang fleksibel dengan fokus pada teknologi digital, pengembangan kredit hijau dan peluncuran produk pengenaan biaya baru.


Pada akhir tahun 2023, total aset SeABank mencapai US$10,9 miliar, tumbuh 15% tahun ke tahun; Modal piagam meningkat menjadi US$1 miliar, naik 22,32% tahun ke tahun. Sumber daya keuangan yang kuat meningkatkan kapasitas modal SeABank dan memfasilitasi Bank untuk mempromosikan teknologi digital dan mengoptimalkan teknologi, sehingga menghasilkan produk dan layanan yang nyaman, bersama dengan pengalaman positif.

Upaya Bank dalam mendiversifikasi produk, meningkatkan kualitas layanan, menjual silang produk serta mempromosikan aplikasi teknologi telah menarik lebih dari 3 juta pelanggan yang bertransaksi di SeABank. Pada tahun 2023, Bank mencatat lebih dari 32,3 juta transaksi digital (naik 157% tahun ke tahun), lebih dari 71% rekening yang baru dibuka didaftarkan secara online melalui eKYC. Ini menunjukkan upaya Bank untuk menarik pelanggan baru sambil mempertahankan pelanggan yang ada, sehingga meningkatkan mobilisasi menjadi US$5,9 miliar pada tahun 2023, meningkat hampir 125,4% tahun ke tahun. Di mana, CASA terus meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, terhitung 11,5% dari total simpanan. Selain itu, total utang terhutang SeABank mencapai hampir US$7,4 miliar, meningkat lebih dari 116% tahun ke tahun.

Dengan tujuan mendukung pelanggan selama masa pemulihan ekonomi, SeABank telah menerapkan banyak kebijakan preferensial seperti pengurangan suku bunga dan biaya, paket pinjaman preferensial dengan batas triliunan VND, dll. Pada tahun 2023, jumlah total bunga yang dikurangi untuk pelanggan yang ada telah mencapai hingga US$16,7 juta.

Meskipun terdapat berbagai tantangan, SeABank telah berhasil beroperasi dengan aman dengan NPL yang dikendalikan di bawah 2% (khususnya 1,94%), berkat proaktivitasnya dalam menggunakan sumber daya untuk menutupi, mengendalikan dan memulihkan piutang tak tertagih. Selain itu, rasio cadangan likuid bank mencapai 20,2% dan rasio solvabilitas VND 30 hari mencapai 67,56%.

Upaya ini telah menghasilkan EBT lebih dari US$189,4 juta, menyelesaikan rencana bisnis 2023, setara dengan ROE sebesar 13,03%.

Pada tahun 2023, Moody’s terus menilai SeABank pada Ba3 untuk simpanan dan peringkat penerbit mata uang lokal dan asing jangka panjang, sambil mempertahankan peringkat BCA pada B1 dengan prospek Stabil, yang mencerminkan peningkatan tingkat kecukupan modal SeABank.

Artikel ini disediakan oleh pembekal kandungan pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberi sebarang waranti atau perwakilan berkaitan dengannya.

Sektor: Top Story, Berita Harian

SeaPRwire menyampaikan edaran siaran akhbar secara masa nyata untuk syarikat dan institusi, mencapai lebih daripada 6,500 kedai media, 86,000 penyunting dan wartawan, dan 3.5 juta desktop profesional di seluruh 90 negara. SeaPRwire menyokong pengedaran siaran akhbar dalam bahasa Inggeris, Korea, Jepun, Arab, Cina Ringkas, Cina Tradisional, Vietnam, Thai, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Perancis, Sepanyol, Portugis dan bahasa-bahasa lain.